Ads 468x60px

Labels

Saturday 20 September 2014

Strategi Berbisnis

Ketika Anda menjalan sebuah bisnis, tantangan yang pertama adalah bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut, kalau sudah berkembang, bagaimana cara untuk mempertahankan kelancaran bisnis tersebut, kalau sudah berkembang dan lancar maka bisa dibilang usaha anda berhasil. Pertanyaannya adalah inovasi  apa saja yang dapat dilakukan ? ketika Anda memulai usaha atau dalam rangka mempertahankan usaha Anda, Ingat inovasi juga merupakan sebuah keharusan diantaranya : 

1. Kematangan Konsep
 Benar bahwa bisnis dimulai dari passion, namun sebuah konsep adalah keharusan. Konsep bisnis yang matang akan membantu Anda untuk bisa mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju dalam bisnis. dan dengan konsep yang matang bisnis Anda bisa berjalan dengan maksimal.
Kematangan sebuah konsep tentu saja tidak bisa lepas dari kejelian Anda melihat selera masyarakat, karakteristik atau gaya hidup bermasyarakat, daya beli, sumber bahan baku, sampai adanya pesaing yang akan muncul.

2. Perencanaan yang Terukur
  Ketika Anda memiliki konsep yang sudah matang di atas kertas, Anda harus memikirkan sebuah perencanaan yang matang pula, Anda tentu saja tidak bisa memulai dengan asal-asalan, karena tidak sesdikit yang Anda pertaruhkan, sebut saja investasi dengan modal yang banyak, perencanaan yang matang akan mengantarkan Anda pada hasil yang memuaskan. 
  Perencanaan bisnis ini meliputi visi misi Anda, bagaimana promosi yang akan Anda lakukan, bagaimana produk Anda dipasarkan, perekrutan karyawan jika dibutuhkan diawal, pengaturan keuangan, sampai dengan menentukan analisis resiko yang mungkin dialami dalam bisnis.
  Dengan adanya perencanaan yang matang, Anda bisa menentukan jalan keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi, termasuk menghadapi persaingan bisnis serupa.

3. Menciptakan Produk Unik dan Menarik
   Siapa saja yang memulai usaha atau mempertahankan usaha dari persaingan tentu akan berfikir untuk melahirkan sebuah produk yang unik dan menarik, atau menciptakan produk yang belum ada sebelumnya. Strategi ini memang cukup efektif, sehingga produk yang Anda ciptakan memiliki daya saing yang dcukup kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan pasar. Produk-produk unik dan menarik juga perlu Anda kembangkan ketika produk Anda menghadapi persaingan lagi, pengembangannya bisa dengan meningkatkan kualitasnya, memperbaharui bentuknya, atau mempercantik kemasan produknya.

4. Adanya Standart Operasional yang Baik
    Sebuah sistem usaha yang terencana dengan baik membantu usaha Anda bertahan lebih lama meski ditengah persaingan yang ketat sekalipun. Sistem yang kuat adalah sebuah pondasi dan dengan itu usaha bisa terarah dengan baik.

5. Menciptakan SDM yang Handal dan Berkualitas
    Setiap produk yang dihasilkan dalam dunia bisnis tentu saja hasil dari sumber daya manusia dan semua produk tersebut perlu inovasi untuk menghadapi pasar yang semakin hari semakin ketat, maka dari itu SDM yang inovatif sangatlah dibutuhkan dan perlu dikembangkan, agar SDM yang ada mampu berkompetensi. Karena dari tangan-tangan kreatiflah sebuah produk yang inovatif tercipta.

6. Tingkatkan Pelayanan
   Disamping strategi inovatif untuk menciptakan sebuah produk, Anda juga bisa menawarkan pelayanan yang prima bagi konsumen Anda. Misalnya saja melayani pemesanan secara online, memberikan layanan delivery order, serta menawarkan paket one stop service untuk memberikan total solusi bagi para konsumen Anda.  

7. Standarisasi
   Apapun produk Anda, jangan sampai mengecewakan konsumen denganhasil produk yang membingungkan pastikanlah Anda memiliki sebuah standar yang sama disetiap hasil produk dan kesamaan ini tentu saja berlaku disetiap cabang yang Anda miliki.
Itulah cara-cara untuk berbisnis agar di jaman yang ketat dengan persaingan usaha di bidang manapun, dengan tips dan masukan ini semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk Anda, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan. Terima kasih.

0 komentar:

Sukses Itu Harus

Blog ini untuk kemajuan kita bersama, kesuksesan kita dalam bisnis perjalanan wisata. Blog ini isinya meliputi : Bagaimana mulai usaha tour & travel, cara jualan tiket pesawat, cara booking pesawat, cara booking hotel, cara menghitung tour, cara menjalin kerjasama, bisnis, usaha, tips sukses, tips travelling, tips jadi guide, tips jadi tour leadher, tips sukses berpariwisata, tips menghadapi customer, tips mendapatkan tiket promo dan murah, tips lancar usaha travel, tips berpergian, tips sewa bus, tips aman naik pesawat, memperbanyak pelanggan travel, Alasan memilih bisnis tour dan travel, fakta mengejutkan pendukung bisnis tour dan travel, Siapa saja yang bisa menjalannkan bisnis tour travel, Melihat resiko bisnis tour travel, Strategi bisnis tour travel, Investasi yang baik, SDM yang berkualitas, Membuat paket wisata, Simulasi cara menghitung paket wisata, Mengenal biro umroh dan haji, Mengenal PIHK dan PPIU, agar travel menjadi pilihan masyarakat, fasilitas menjadi agen travel, syarat menjadi agent, keuntungan menjadi agen, simulasi keuntungan penjualan tiket. menjadikan travel ternama. syarat membangun usaha travel. biro perjalanan wisata. murah , cepat, mudah, hemat, hebat dan nyaman.