Ads 468x60px

Labels

Thursday 18 September 2014

Membuat SOP (Standart Operating Prosedure)

Hai sobat travellers semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan siap menikmati liburan akhir pekan. Kali ini pembahasan kita melanjutkan dari Strategi Bisnis Tour dan Travel. Baiklah kita mulai saja cara membuat sop , sop disini bukan sejenis sayuran ya :D tetapi maksudnya ialah Standart Operating Prosedure. 

Proses pada suatu pekerjaan harus dirancang dan dikembangkan karena kesalahan prosedur dapat terjadi. Apabila suatu pekerjaan tidak dirancang dengan baik maka dapat menimbulkan kecelakaan atau kerusakan. Untuk itu perlu dibuat suatu prosedure tetap yang bersifat standart, sehingga siapapun kapanpun dan dimanapun diterapkan langkah-langkah kerja yang tidak berubah. langkah-langkah kerja yang tertib disebut SOP (Standart Operating Prosedure).  atau sebutan lainnya yaitu protap (prosedur tetap). 

Lembaga atau perusahaan yang besar dan bonafit umumnya telah memakai SOP dalam melaksanakan tugas, seperti departemen/dinas kimpraswil, operasi pasien dirumah sakit, bapedal, Polri, dan lainnya.
SOP merupakan hasil finalisasi dan kesempurnaan prosedur kerja. Dengan adanya SOP, diharapkan pekerjaan dapat terlaksna dengan baik, tepat waktu, dan dipertanggung jawabkan. Oleh sebab itu, perusahaan Anda juga perlu membuat SOP sebagai pedoman kerjanya. SOP menjadi pedoman bagi para pelaksana pekerjaan di tour dan travel. Ini bisa berarti semua karyawan yang bekerja di perusahaan Anda termasuk manajer.

Berdasarkan SOP inilah semua karyawan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Jika ada karyawan yang tidak mengerjakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan maka Anda bisa memberikan peringatan khusus kepadanya. Di sisi lain dengan adanya SOP ini semua karyawan akan berlomba-lomba memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam bekerja. Bahkan pihak konsumen dapat melakukan koreksi jika karyawan atau perusahaan tidak memberikan pelayanan seperti yang telah ditetapkan.

Begitulah sobat travellers, mari kita membuat SOP untuk perusahaan kita agar berguna untuk pengembangan usaha tour travel kita. Silahkan masukan komentar atau kita sharing atau diskusi untuk masalah tour travel, disini saya juga belajar jadi kita sama-sama belajar agar terwujudnya kesuksesan bersama.

Next Kualitas Produk
Back ke Strategi Bisnis Tour dan Travel.
 

0 komentar:

Sukses Itu Harus

Blog ini untuk kemajuan kita bersama, kesuksesan kita dalam bisnis perjalanan wisata. Blog ini isinya meliputi : Bagaimana mulai usaha tour & travel, cara jualan tiket pesawat, cara booking pesawat, cara booking hotel, cara menghitung tour, cara menjalin kerjasama, bisnis, usaha, tips sukses, tips travelling, tips jadi guide, tips jadi tour leadher, tips sukses berpariwisata, tips menghadapi customer, tips mendapatkan tiket promo dan murah, tips lancar usaha travel, tips berpergian, tips sewa bus, tips aman naik pesawat, memperbanyak pelanggan travel, Alasan memilih bisnis tour dan travel, fakta mengejutkan pendukung bisnis tour dan travel, Siapa saja yang bisa menjalannkan bisnis tour travel, Melihat resiko bisnis tour travel, Strategi bisnis tour travel, Investasi yang baik, SDM yang berkualitas, Membuat paket wisata, Simulasi cara menghitung paket wisata, Mengenal biro umroh dan haji, Mengenal PIHK dan PPIU, agar travel menjadi pilihan masyarakat, fasilitas menjadi agen travel, syarat menjadi agent, keuntungan menjadi agen, simulasi keuntungan penjualan tiket. menjadikan travel ternama. syarat membangun usaha travel. biro perjalanan wisata. murah , cepat, mudah, hemat, hebat dan nyaman.